Perjalanan Melihat Kebun Kopi di Petungkriyono



Puas melihat gambaran kebun di Petungkriyono, kami neduh untuk sharing-sharing mengenai kopi. Biasanya kami langsung nyeduh, tetapi karena temen-temen di sini sudah sefrekuensi, kami ngulik greenbeans dulu.
.
Kami membawa beans Toraja Mama Via yang sudah disortir 3x, peaberry, defect campur, defect quacker, dan greenbeans dari Petungkriyono. Tentu kami membawa juga beberapa sample roasted beans, yaitu Toraja Mama Via filter, Toraja Mama Via espresso, Petungkriyono filter, dan Petungkriyono espresso.
.
Kami menceritakan pengalaman kami dalam bercengkrama dengan greenbeans milik Mama Via dan membandingkannya dengan yang ada di Petungkriyono. Membandingkan bagaimana Mama Via mengolah kopinya dengan metode yang sama dengan yang dilakukan di Petungkriyono, tetapi ada beberapa detail langkah-langkah yang berbeda walaupun keduanya menggunakan metode semi washed.
.


Selesai ngomongin greenbeans, kami lanjut ngomongin roasted beans dan profil roasting yang kami gunakan. Ternyata Mas Ji'in dan Mas Satrio ini roaster juga. Jadi nyambung banget deh kami ngobrol. Kebetulan roaster kami sama-sama custom, jadi paham lah kalo harus menurahkan sedikit praktek yang artisan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


.
Jelas, selesai teori, kami sama-sama lanjut cupping. Ini dia yang sudah sama-sama ditunggu. Cerita cupping kita lanjutin besok ya 😁.
.
 Cerita ini ditulis oleh Narakopi
.
.
#homebrwr #singlefarming #roastery #singleorigin #coffee #kopi #ngoepilah