I-YEV Camp 2019 : Berkemah Mengasah Jiwa Bisnis, Kepemimpinan dan Kerelawanan



I-YEV Camp 2019 merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Grow To Give Indonesia bersama World Merit Indonesia Local Chapter Semarang yang akan diselenggarakan di Welo Asri, Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah.

Kegiatan ini akan dikemas berupa acara kemah tiga hari dua malam pada hari Sabtu hingga Senin, 24-26 Agustus 2019 yang mempertemukan mahasiswa Indonesia dengan pemuda lokal Petungkriyono agar saling berdialog dan menginspirasi satu sama lain dalam rangka perayaan hari pemuda internasional.
Menariknya, pemuda mahasiswa tidak hanya sebagai peserta kemah, namun juga sekaligus berperan sebagai
relawan pendidik sebaya atau peer educator bagi pemuda lokal Petungkriyono sebagai upaya untuk melatih jiwa kerelawanan.

Dengan mengusung tema “Be a Leader Be a Socio-preneur!” serta tag line “Share – Care – Impact!”, I-YEV Camp 2019 mengharapkan luaran berupa pemimpin muda yang mampu melihat peluang bisnis dalam masalah sosial sehingga mampu menciptakan ide bisnis yang berkelanjutan untuk membantu pengembangan produk lokal di Petungkriyono.
Untuk mewujudkan harapan tersebut, peserta akan belajar mengenai bisnis sosial dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat desa dan didampingi oleh para mentor yang ahli di bidang masing-masing selama proses belajar.
Setidaknya ada tujuh mentor yang rencananya akan dihadirkan di IYEV Camp 2019 diantaranya:
  1. Bio Hadikesuma (Founder Jogja Business Lab, Konsultan Bisnis, CEO Lima Pilar Inspirasi, dan Aktivis Sosial)
  2. Bezie Manggala (Founder Rekayan dan Konsultan Bisnis)
  3. Maulidan Isbar (CEO Kayuh Wooden Bike)
  4. Anang Darmawan (CEO Marc Indonesia dan Apperentice Jogja Business Lab)
  5. Mario Devan (Founder Dmaxx, Co-Founder Videon.id, Blogger dan Digital Strategist)
  6. Emmy Surya (Founder Female-preneur Indonesia)
  7. Titik Rusmiati (Founder Grow To Give Indonesia)
Dengan ke-tujuh mentor tersebut, IYEV Camp 2019 akan berupaya membekali peserta dengan berbagai materi yang kurikulum pembelajarannya telah disusun secara komprehensif oleh penyelenggara kegiatan yang didampingi oleh Jogja Business Lab, diantaranya materi tentang:
  • Personal development
  • Merancang ide bisnis
  • Strategi branding
  • Marketing online
  • Melek Finansial
  • Dan bagaimana memulai langkah berwirausaha bersama masyarakat lokal.
Harapannya, titik berat pembelajaran pada kegiatan ini yakni mencetak jiwa leadership, dan membangun socio-preneur yang turut mendukung capaian Sustainable Development Goals dapat terwujud.
Tak hanya sesi materi yang dihadirkan dalam kegiatan ini, peserta juga akan diajak berkunjung ke desa binaan Grow to Give Indonesia untuk berbagi pengalaman dan saling belajar untuk membangun dampak yang berkelanjutan. Acara akan ditutup dengan perayaan Hari Anak Muda Internasional berupa permainan di alam terbuka yang sangat seru dan kompetitif yang diberi nama “The Amazing Race of Petungkriyono”.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :

IG : @growtogive_id / @worldmeritsemarang
Line : @snp9567o
Facebook: Grow To Give / World Merit Semarang
E-mail: info.growtogive@gmail.com