Tips Wawancara Kerja Auto Lolos



Hi Changemakers !!

Pernah nggak sih kamu merasa takut atau bahkan nggak percaya diri pas mau wawancara di perusahaan impianmu?

Nah, #Tipsgrowing kali ini akan membagikan tips tentang apa aja sih yang dicari perusahaan dari diri kamu saat wawancara. Penasaran kan? Yuk cari tau informasinya dibawah ini...

1. Kepo! Punya rasa ingin tau yang tinggi.
Kepo bukan berarti ingin mencari tau hal yang bukan menjadi urusanmu. Tapi punya rasa ingin tau yang tinggi terhadap perusahaan dan pekerjaan yang kamu lamar. Sifat kepo ini bisa membuat kesan bahwa kamu adalah orang yang analitis dan berpikir kritis.

2. Sopan dan tenang saat proses wawancara.
Pembawaan dirimu saat wawancara akan menjadi first impression bagi pewawancara dan perusahaan. Pastikan kamu sudah tau apa yang akan kamu katakan sehingga kamu akan lebih tenang. Jangan lupa untuk menjaga kesopanan seperti mengetuk pintu, mengucapkan salam, dan mengucapkan terima kasih.

3. Percaya diri.
Kamu punya kelebihan dan kamu sudah sangat berani ketika melangkah menuju ruang wawancara. Jadi percayalah bahwa kamu orang hebat dan siap untuk menjadi pekerja yang baik sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Percaya dirimu akan menghantarkan rasa kepercayaan pihak perusahaan padamu loh..

4. Tau etika dan bisa diandalkan.
Tunjukkan bahwa kamu bukan hanya sopan, namun tau etika khususnya etika dalam perusahaan. Jadi sekalipun kamu belum punya pengalaman, pihak perusahaan akan merasa bahwa tidak perlu mengajarimu dari awal. Pastikan juga kamu menunjukkan bahwa kamu sosok yang bisa diandalkan dan bertanggung jawab. Kamu bisa bawa contoh keseharian mu yang menunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab.

5. Komunikatif dan berani mengungkapkan pendapat.
Kamu perlu sedikit cerewet atau tepatnya komunikatif saat wawancara. Buat mereka mengetahui segala yang menarik tentang kamu sebelum mereka menanyakannya. Bawa suasana yang terkesan asik dan menyenangkan, namun tetap ingat sopan santun ya. Beranilah mengungkapkan pendapat terbaik yang sudah kamu siapkan dan tunjukkan kelebihan dari pendapatmu itu. Komunikatif namun tidak omong kosong.

6. Suka belajar dan menghargai pengalaman.
Bagi kamu yang belum berpengalaman, tunjukkan bahwa kamu sangat suka dan mudah untuk belajar. Hal ini bisa menciptakan kesan positif dari perusahaan loh. Jangan lupa tunjukkan bahwa kamu menghargai pengalaman seperti segala aktivitas positif yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Tunjukkan itu dan kemas dengan kalimat yang baik supaya perusahaan menyukaimu.

7. Menguasai segala informasi tentang perusahaan termasuk pesaing perusahaan.
Last namun tidak kalah penting, cari informasi tentang perusahaan tujuan kamu. Temukan visi misi perusahaan, kelebihan dan kelemahan perusahaan, serta pesaing dari perusahaan tersebut. Jadi ketika pewawancara bertanya padamu, kamu tau apa yang akan kamu katakan tentang perusahaan, termasuk mengapa kamu ingin bergabung dengan perusahaan tersebut. Kamu akan dianggap pribadi yang cerdas dan siap bekerja!

Wawancara? Udah nggak perlu takut lagi.. Persiapkan dirimu dengan baik yaah..
Sampai ketemu lagi di tips growing selanjutnya !!


Salam #TumbuhBareng
Grow Bigger To Live Better
#GrowToGive #Grow2Give #GrowToGiveIndonesia #G2G #YouthEmpowerment #Changemakers #IndonesianChangemakers
#ChangemakerIndonesia #OrganisasiKepemudaan #IndonesianYouths #InspiringLeaders #IndonesianYouthLeaders
_____________
Follow Us on
Youtube Channel and Facebook : Grow To Give Indonesia
Instagram and Twitter : @growtogive_id
Website : www.growtogiveid.org
Email : info.growtogive@gmail.com