Daya Saing Tenaga Kerja Penduduk Indonesia Menempati Posisi ke-47 dari 63 Negara



Hai Changemakers.. Taukah kamu??
Dari 63 negara, Indonesia menempati posisi ke 47 untuk kesiapan daya saing tenaga kerja. Institute for Management Development atau IMD menyatakan bahwa tenaga kerja Indonesia masih tertinggal jika dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN loh..

Singapura berhasil nempati ranking 13, sedangkan Malaysia dan Thailand juga berhasil mengungguli Indonesia dengan ranking masing masing 28 dan 42.

Ternyata, fakta yang mengejutkan ini dikarenakan adanya mismatch atau tidak sesuainya pekerjaan dengan jurusan atau pendidikan yang ditempuh selama sekolah serta kuliah. Selain itu, mayoritas penduduk Indonesia memiliki lulusan SD kebawah. BPS menyatakan lebih dari 52 juta orang Indonesia adalah lulusan SD kebawah. Tentu saja pendidikan ini mempengaruhi kualitas daya saing tenaga kerja Indonesia.

Pemerintah tidak tinggal diam loh untuk keadaan ini. berbagai literasi, pelatihan vokasi, program magang dan tes sertifikasi sudah diselenggarakan demi meningkatkan kualitas daya saing tenaga kerja Indonesia. Namun hal itu tidak akan berjalan dengan baik apabila masyarakat tidak berperan secara pro dan aktif.

Maka dari itu nih Changemakers, yuk tingkatkan kualitas daya saing tenaga kerja kita dengan giat belajar dan mengembangkan potensi yang kita miliki. Bersama sama kita bisa tingkatkan daya saing tenaga kerja untuk kehidupan kita, dan pastinya Negara Indonesia yang lebih baik.

Jangan lupa tetap stay tune dengan #funfact selanjutnya yaa
Grow Bigger To Live Better

#GrowToGive #Grow2Give #GrowToGiveIndonesia #G2G #YouthEmpowerment #Changemakers #IndonesianChangemakers #ChangemakerIndonesia #OrganisasiKepemudaan #sumberdayamanusia #fact #indonesia
_____
Follow Us on
Youtube Channel and Facebook : Grow To Give Indonesia
Instagram and Twitter : @growtogive_id
Website : www.growtogiveid.org
Email : info.growtogive@gmail.com